top of page

Updated: Mar 3, 2019

Author : Meliana Tesa

GOTLAND TRIP

Hari itu Host Mom saya, Sara, bilang "Meliana, we are going to Gotland in 2 weeks for couple of days, and you are welcome to join us if you like, what do you think?". Dan saya sempat berpikir apa itu Gotland. Lalu Host Mom saya menjelaskan bahwa Gotland ada sebuah provinsi di Swedia yang juga terletak di pulau itu sendiri yang juga tempat asal HostDad saya Jacob. Ibukota Gotland, Visby adalah kota yang sangat cantik dan merupakan Kota Medieval, kayak kota yang kita lihat di film Game Of Thrones itu lho.. Terus saya browsing-browsing tentang Gotland dan saya pikir "Hell, yeah! Why not coming with them? Kotanya keliatan cantik dan keren."

Jadi ceritanya waktu itu lagi liburan Paskah / Påsk bulan Maret 2016 dan memang udaranya masih belum hangat, malah cenderung dingin walaupun matahari bersinar terus di Stockholm maupun Gotland. HostFam saya memang ada beberapa relatif disana seperti Kakak-kakak si Jacob dan kami akan tinggal di rumah mereka.

Nah anyway, setelah 2 minggu menunggu akhirnya saya dan Host Fam naik mobil ke Nynäshamn, kota pelabuhan dekat Stockholm yang berjarak 58km dan memakan waktu 45 menit dari Stockholm dengan mobil. Setelah sampai pelabuhan, kami mengantri masuk Ferry pakai mobil dan mobil pun diparkirkan di tempat parkir di dalam Ferry tersebut. Setelah itu kami ambil barang-barang yang sekiranya kami butuhkan untuk di dalam kabin kapal nanti. ​

Lorong dan kabin privat tempat kami bersantai selama perjalanan ke Gotland

​Perjalanan memakan waktu 3.5 jam dan akhirnya sampailah kita ke Visby! Setelah sampai kita langsung menuju ke rumah si Kakaknya Jacob di Hejnum, yang terletak di tengah pulau Gotland dan agak jauh ke Visby.

Pertama saya dikenalkan ke keluarga si Kakaknya Jacob. Mereka sangat excited untuk share story mengenai Gotland dan mereka sangat ramah. Saya jadi sungkan karena istilahnya kan saya orang luar dan tiba-tiba saya nginap di rumah mereka dan numpang makan disana untuk beberapa hari kedepan. But yeah, that's Au Pair life dan anyway mereka baik-baik semua jadi saya jadi merasa nyaman. :)

Setelah bermalam, besoknya HostFam saya lagi kongkow / chilling dengan keluarga Kakak si Jacob. Sedangkan saya ingin explore Visby. Karena rumah Kakaknya Jacob di tengah-tengah pulau dan tidak ada transportasi umum untuk pergi ke Visby,  saya minta Jacob untuk mengantarkan saya ke Visby. Saya tiba di Visby jam 10 pagi dan janjian untuk dijemput jam 4 sore. Jadi selama saya explore, inilah foto-foto yang saya ambil. What a really beautiful city!!

FAMILY EVENTS

Setelah puas mengexplore Visby, kini saatnya saya berkumpul dengan keluarga besar si HostFam dan merayakan Paskah bersama. Pagi hari biasanya diawali dengan breakfast dan FIKA di Dapur Ala IKEA itu. Setelah itu mengobrol dengan mereka dan membaca buku dan bermain dengan anak-anak ke hutan terdekat, atau menemani mereka nonton BAMSE dan PIPPI LÅNGSTRUMP. Memang sih terkadang bagian chilling dengan keluarga besar si HostFam jadi agak boring karena mereka hanya berbicara Swedish dan saya kurang mengerti dan lama-lama jadi bosan. Namun ada baiknya, saya jadi bisa sembari latihan Swedish :D

Jadi ini adalah pics sekilas mengenai dimana saya tinggal dengan mereka di Gotland.

Menikmati secangkir teh di pagi hari

Sepupu Host Kids saya, Melker

The view from the kitchen window

Rumah dimana tempat kami tinggal di Gotland

Menelusuri ladang gandum di Hejnum

Around Hejnum

Tak terasa setelah hari itu nonton BAMSE dan bermain dengan anak-anak berjam-jam, saya pun ngantuk dan saatnya untuk tidur sebelum memulai acara besoknya yaitu ke rumah Tante-nya Host Kids saya yang punya peternakan kecil dan Host Kids saya terutama Selma, dia sangat suka berkuda.

EGG HUNTING & HORSE RIDING

God Morgon! Jadi hari ini rencana kami adalah mengunjungi rumah Kakak Perempuannya Jacob. Setelah sampai, seperti biasa saya dikenalkan kepada mereka dan ngobrol-ngobrol sebentar dan of course FIKA lagi! Haha! Kali ini kami dihidangkan kopi, dan cookies ala paskah yang mereka buat.

Setelah nge-FIKA dan ngobrol-ngobrol, saatnya untuk mencari telur paskah sekarang. HostParents saya sudah menyembunyikan "Telur Paskah" ini di ladang dekat rumah si Kakak Perempuan Jacob dan mulailah saya, HostKids saya bersama sepupu-sepupunya memulai pencarian telur ini.  Setelah anak-anak senang dengan petualangan mencari "Telur Paskah" nya, mereka akhirnya membuka "Telur Paskah" tersebut dan memakan semua isinya dalam hitungan menit!!! :D Saya juga kebagian "Telur Paskah" ini tapi saya tidak memakan isinya semua karena saya kurang suka makanan manis-manis.

"Telur Paskah". Sumber : acadi.se

​Selma sudah tidak sabar untuk melihat Kuda nya dan akhirnya kami langsung pergi ke Stable dan melihat kudanya. Awalnya saya agak gimana gitu karena saya tidak biasa dekat-dekat binatang, namun anak-anak Swedia sepertinya sangat suka binatang dan tidak ada rasa takut untuk menyentuh mereka. ​

Selma sedang menyisir bulu si Kuda

Selma dan sepupunya setelah menunggangi Kuda

Okay, it sounds like a very short day, tapi trust me, rasanya lama sekali hari itu berakhir. Namun it was really fun to see my Host Kids to riding horses. Dan setelah itu, FIKA lagi dan lalu Dinner time! :)

Malam itu Keluarga besar HostFam saya memasak Swedish Meatballs / Köttbullar untuk Dinner dan sebagai penutup, kami memakan dessert yaitu Kue Velvet yang dipanggang oleh istri kakaknya Jacob.  Rasanya saya makan banyak sekali di Gotland dan saya sudah siap lahir batin untuk menggembul sepulangnya ke Stockholm.

TIME TO GET COZY & GODNATT!

Setelah hari yang melelahkan, kembalilah saya ke rumah Kakaknya Jacob tempat kami tinggal dan menyalakan Fire place untuk bersantai dan menikmati kehangatan sebelum kami pulang ke Stockholm besok pagi :) So, Selamat Paskah / Glad Påsk, och God Natt Readers!